Kamis, 13 November 2014

TOSHIBA C600 GAMBAR LAYAR JADI 3 BAGIAN


Kalau Anda mengalami apa yang saya alami seperti pada gambar di bawah, dimana layar laptop pecah menjadi 3 bagian sedangkan sisi kanan dan kiri terbalik posisinya. Mungkin di situs lain(sumber gambar di bawah ini juga, hehe) diberi saran untuk mengganti LCD yang senilai sekitar 700 ribuan, tapi eits tunggu dulu...



Sebelum terbuang percuma uang segitu banyaknya, perlu dicoba trik di bawah ini yang berharga NOL rupiah alias TANPA BIAYA . Trik ini berhasil mengembalikan tampilan laptop saya yang pecah menjadi 3 bagian menjadi normal kembali hanya dalam beberapa menit saja.

Begini langkahnya : 
1. Klik kanan di desktop. Pilih screen resolution.(saya memakai Windows 7, menu akan berbeda jika Anda menggunakan sistem operasi yang berbeda). Intinya, cari menu screen resolution(biasanya di Control Panel).

2. pilih 800x600 di bagian menu Resolution. Pilih OK

3. Kemudian akan muncul jendela konfirmasi seperti ini. Pilih Revert
 4. Dan...tuing. Tampilan monitor Anda kembali seperti sediakala tanpa terpecah.

5. Jika tampilan monitor masih terpecah, ulangi langkah 2-3.



NB: Saya melakukan trik ini hanya di laptop saya sendiri(Toshiba C600) dan berhasil. Saya belum pernah melakukannya di laptop lain, jadi saya tidak menjamin hal ini akan selalu berhasil di laptop Anda. Jika Anda sudah lelah bin putus asa mencoba trik di atas dan belum berhasil juga, itu tandanya Anda memang harus mengganti LCD laptop.

UPDATE 06/02/2015:
Layar laptop beberapa kali kembali pecah menjadi tiga bagian, tapi sampai tanggal tulisan ini dibuat tetap normal saja. Tidak pecah menjadi tiga bagian seperti semula.

UPDATE 23/06/2015:
Layar laptopku kembali pecah menjadi tiga bagian. Tetapi cara di atas masih manjur untuk mengembalikannya seperti semula.

UPDATE 28/11/2015:
Akhirnya saya harus menyerah pada takdir. Bahwa kerusakan LCD dari sisi hardware memang tidak bisa dielakkan lagi. Puluhan kali saya coba cara yang saya sebutkan di atas tak mempan lagi mengubah keadaan display LCD ke kondisi normal. Itu artinya saya harus mengganti LCD,

18 komentar:

  1. Berhasil Saya Mah... thanks gan

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. ya sudah artinya itu memang harus ganti LCD gan, hehe...
      di laptop saya juga sudah tidak berhasil kok

      Hapus
  3. Balasan
    1. ya sudah artinya itu memang harus ganti LCD gan, hehe...
      di laptop saya juga sudah tidak berhasil kok

      Hapus
  4. berhasil mas
    tapi telat nemu ilmu nya...
    tapi makasih

    BalasHapus
  5. sama bro..saya juga itu dulu..pas pertama udah bisa abis saya bongkar terus tak bersihinn..uda sampe beberapa bulan..dan ini sudah 1 bulan jadi 3 dan ga bisa balik lagi..nyerah deh

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah bisa,terima kasih

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah bisa,terima kasih

    BalasHapus
  8. Percobaan pertama berhasil mas. Tapi setelah di shut down udah ga work lagi ..

    BalasHapus
  9. .alhamdulillah 😄
    Ternyata sepele 😅😅

    BalasHapus