Jumat, 10 Juli 2015

Cara Reset Password Website Drupal

Saya sarikan dari randyfay.com dengan sedikit perubahan, yaitu cara mereset password website. Mungkin karena lupa?
Seperti biasa saya pakai kalimat yang pendek dan jelas supaya lebih mudah dipahami.

Versi Drupal : 7
Versi OS : Windows 7
Server software : xampp
Username : demosekolah

Secara garis besar langkahnya terdiri dari dua hal, yaitu

  • Membuat password baru
  • Update tabel users dengan password tersebut di atas
Sedangkan langkah terperinci adalah sbb:
1. Masuk ke command prompt(bisa tekan Win+R)
2. Masuk ke direkoktori root website Anda(untuk kasus ini, nama webnya adalah school)
3. Untuk membuat password baru.(saya set password barunya adalah admin) Ketikkan php scripts/password-hash.sh 'admin'
Membuat ulang password website drupal
4. Copy bagian tulisan di sebelah kanan hash (yang berwarna kuning)

Copy bagian kuning
5. Buka phpmyadmin, masuk ke database untuk website school. Lalu masuk ke tabel users.
6. Di bagian SQL ketik kode berikut lalu kirim
update users set name='demosekolah', pass='$S$DKfggo2jqUyPAcpLmkpul.iJT8NSbnJAOV4ItOFx61m3GHZeQcIp' where uid=1;

Login website dengan password baru sudah berhasil. Selamat mencoba !

Note : saya pernah gagal login meski sudah melakukan semua langkah di atas dengan benar. Ternyata sebabnya adalah saya salah sangka dengan langkah no.3. Saya kira tanda petik tunggal (') yang mengapit admin adalah cara penulisan saja, ternyata bukan. Jadi tanda petik tunggal termasuk dalam password juga. Maka supaya lebih mudah dipahami mending tulis saja tanpa tanda petik. Sekian semoga bermanfaat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar