Kamis, 10 Juni 2010

Beberapa Istilah dalam C++

Fungsi Anggota, Metode, Data, Variabel Instans

Pada bahasa berorientasi obyek, data yang dimiliki obyek disebut variable instans. Pada C++, istilah yang dipakai adalah data atau anggota data. Sedangkan fungsi yang melekat pada obyek disebut fungsi anggota(member function). Fungsi ini merupakan cara untuk mengakses anggota data dari obyek. Untuk membaca suatu anggota data, Anda harus memanggil fungsi anggota. Dengan kata lain, data bersifat tidak bisa diakses oleh fungsi – fungsi di luar fungsi anggota.

Istilah yang umum untuk fungsi anggota pada bahasa pemrograman berorientasi obyek yaitu metode(misalnya pada SmallTalk). Adapun pemanggilan fungsi anggota sering disebut pengiriman pesan ke obyek. Namun istilah yang terakhir ini jarang digunakan pada C++.

PBO

C++

Variabel instans

Data(anggota data)

Metode

Fungsi anggota

Obyek dan kelas

Dalam terminology PBO(Pemrograman Berorientasi Obyek) obyek sebenarnya adalah anggota dari kelas(class). Jadi, kelas adalah kumpulan dari beberapa obyek yang sama. Sebagai analogi hal ini, Anda barangkali mengenal nama – nama seperti George W.Bush, John F.Kennedy, Barrack Obama. Ya, mereka adalah presiden - presiden USA yang sangat terkenal. Secara sendiri – sendiri, mereka dapat diibaratkan sebagai objek. Adapun "presiden" menyatakan kelas.

3. Polymorphism(polimorfisme)

Polymorfisme adalah suatu konsep yang menyatakan sesuatu yang sama dapat memiliki berbagai bentuk dan perilaku yang berbeda. Istilah ini berasal dari Bahasa Yunani, yang mempunyai arti "mempunyai banyak bentuk".

Salah satu jenis polimorfisme pada C++ adalah pada fungsi atau operator atau dikenal dengan istilah overloading. Sebagai contoh, anda dapat membuat suatu fungsi bernama gambar. Kalau anda hanya menyertakan posisi x dan y saja maka yang digambar adalah titik. Kalau yang disertakan adalah dua titik x dan y, maka hasilnya berupa garis. Adapun kalau yang disertakan adalah posisi x dan y serta jari – jari, yang digambar adalah lingkaran.

Karakteristik PBO

Tiga karakteristik PBO adalah:

1. Encapsulation(pengkapsulan)

Pengemasan data dan fungsi dalam wadah bernama obyek dikenal dengan sebutanEncapsulation(pengkapsulan). Data tidak lagi diperlakukan sebagai komponen kedua setelah fungsi, melainkan mempunyai kedudukan yang sama dengan fungsi.

2. Inherintance(pewarisan)

Inherintace(pewarisan) merupakan sifat dalam bahasa berorientasi obyek yang memungkinkan sifat – sifat dari suatu kelas diturunkan ke kelas lain. Analogi dalam dunia nyata misalnya pada Kambing. Kambing sebagai kelas mempunyai sifat antara lain :

- Dapat menggonggong

- Berkaki empat

Apabila pinky adalah kambing, maka pinky juga memiliki sifat – sifat umum dari kambing. Tetapi tentu saja, Pinky bisa mempunyai sifat yang lain, misalnya pendiam dan lucu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar