Jumat, 11 Juni 2010

Sejarah C dan C++

Sejarah C dan C++

C++ adalah bahasa pemrograman yang berada pada tingkat tengah antara bahasa pemrograman tingkat rendah(mendekati bahasa mesin) dan bahasa pemrograman tingkat tinggi(mendekati bahasa manusia). Karena itu C++ cocok untuk berbagai platform sehingga mudah untuk membuat program pada berbagai macam mesin.

Bahasa C++ adalah pengembangan dari bahasa C yang diciptakan oleh Brian W. Kernighan dan Dennis M.Ritchie pada tahun 1972. Diciptakan sebagai bahasa pemrograman yang membagi program atas sejumlah blok. Hal ini berguna untuk memudahkan pembuatan dan pengembangan program. Program yang ditulis menggunakan bahasa C bisa dipakai pada banyak jenis mesin karena telah memenuhi standarisasi bahasa C yaitu standar ANSI (American National Standard Institute).

Baru setelah satu dekade lahirlah C++ di tangan Bjarne Stroustrup, Laboratorium Bell, AT&T pada tahun 1983 yang kompatibel dengan C dan bernama "a better C". Lalu oleh Rick Mascitti diganti namanya menjadi C++ pada musim panas 1983 yang diilhami dari nama operator penaikan pada bahasa ini.

Bahasa ini mendukung pemrograman berorientasi obyek(PBO) atau dalam bahasa Inggris disebut Object Oriented Programming(OOP). Namun meskipun demikian, sebenarnya C++ adalah bahasa yang bersifat hybrid, bukan bahasa murni yang berorientasi obyek. Programmer C yang akan berpindah ke C++ harus bertahap. Pustaka – pustaka pada C tetap dapat dipakai di C++, dibaurkan dengan program PBO.

Tujuan utama pembuatan C++ adalah untuk meningkatkan produktivitas programmer dalam membuat aplikasi. Mayoritas pakar setuju bahwa PBO dan C++ mengurangi kerumitan, khususnya program besar yang terdiri dari 10.000 baris atau lebih. C++ dapat meningkatkan produktivitas programmer lebih dari dua kali dibandingkan dengan bahasa prosedural seperti C, Pascal, dan BASIC. Hal ini diakibatkan oleh kemudahan program yang ditulis pada C++ untuk digunakan kembali pada program – program lain. Meskipun demikian, para programmer yang sedang mulai belajar C++ malah akan menurun produktivitasnya karena harus mempelajari karakteristik C++. Akan tetapi ini adalah hal yang wajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar